Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Pada Anak

Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Pada Anak

Cara mengatur Google Play Agar Aman Di akses Oleh Anak-anak- Pada zaman sekarang anak-anak semakin aktif dalam menggunakan gadget untuk hiburan sehari-hari. Di zaman digital ini, bukan lagi menjadi hal yang baru jika anak-anak lebih sering menghabiskan waktu dengan gadget kesayanganya untuk sekedar memainkan game atau menonton film. Layanan Google Play Store pun sudah menjadi hal yang familiar hususnya bagi anak-anak yang menggunakan ponsel Android.

Google melalui Play Store nya memiliki bermacam fitur menarik yang bisa digunakan untuk hiburan dan belajar anak-anak secara mandiri, mulai dari game, aplikasi, buku, musik, film dan lain-lain. Walaupun begitu, terkadang ada beberapa orang tua hawatir dengan aktivitas anaknya dalam mengoperasikan perangkat Android. Untungnya, Google sendiri sudah memberikan fitur husus untuk mencegah atau memperkecil kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan oleh para orang tua, fitur ini diberi nama Kontrol Orang Tua atau Parental control.

Adapun cara untuk mengaktifkan fitur kontrol orang tua sebagai pengamanan anak-anak dalam mengoperasikan ponsel Android sebagai berikut:

Pertama masuk ke aplikasi Play Store kemudian geser ke arah kiri lalu pilih menu Setting. Selanjutnya cari menu Kontrol Orang Tua kemudian klik tombol On. Di situ Orang Tua akan diminta untuk membuat PIN agar nantinya anak tidak bisa mengubah menu ini secara manual.

Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Pada Anak

Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Pada Anak

Terdapat beberapa pilihan usia yang bisa dipilih, mulai dari 3+, 7+, 12+, 16+, 18+ dan tanpa batasan. Jika seandainya memilih angka 12+, maka aplikasi ataupun game yang bisa didownload di ponsel tersebut hanya untuk anak usia 12 tahun ke bawah. Di atas usia tersebut, aplikasinya tidak akan muncul di halaman pencarian.

Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Pada Anak

Kurang lebih seperti itulah cara mengaktifkan fitur kontrol Orang Tua untuk memberikan pengamanan pada anak-anak ketika mengoperasikan ponsel Android. Dengan mengaktifn fitur Kontrol Orangtua ini, tentu bisa menghindari aplikasi atau game yang cenderung berbahaya maupun yang memuat konten dewasa tidak dapat diakses.
Reaksi:

0 Response to "Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Pada Anak"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel