Nonton video dibayar ratusan ribu. Klik here

Cara Menghilangkan Image Retention (Burn-in) di Xiaomi

Cara Mengatasi Burn-in di Xiaomi Work 100% - Layar smartphone Burn-In atau bisa juga disebut dengan Ghost Image, merupakan kondisi layar smartphone yang memiliki sebuah bayangan dari bekas aplikasi yang sebelumnya telah dibuka. Hal demikian pastinya sangat mengganggu dalam penggunaan smartphone dan hal ini sudah cukup populer di kalangan pengguna smartphone Xiaomi, karena beberapa pengguna mengalami hal tersebut.

Cara Menghilangkan Image Retention (Burn-in) di Xiaomi
Biasanya penyebab layar burn-in adalah membiarkan gambar yang ditampilkan oleh layar smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama. Akan tetapi hal tersebut memang cukup sulit untuk dihindari di beberapa bagian layar, misalnya seperti area notifikasi, area ini memang bukan merupahan bagian dari aplikasi yang dibuka. jadi memang cukup sulit untuk menghindari burn-in di layar.

Sebenarnya permasalahan layar Burn-in ini tidak ada kaitannnya dengan kerusakan hardware layar LCD. Justru permasalahan layar Burn-in ini berkaitanan dengan bagaimana  cara vendor smartphone melakukan kalibrasi layar untuk retensi gambar.

Untuk jenis layar sendiri, smartphone besutan Xiaomi memiliki beberapa jenis layar yang digunakan, yaitu TIANMA, EBBG, BOE. Tiap-tiap layar tersebut juga memiliki perbedaan, seperti layar EBBG mempunyai warna yang warm (putih ke kuningan), kemudian layar BOE memiliki warna yang cool (putih kebiruan). lalu layar TIANMA memiliki warna yang cenderung seperti BOE dan EBBG. 

Dan untuk permasalahan layar burn-in, smartphone yang menggunakan jenis layar TIANMA sering mengalami layar burn-in dan hal tersebut jarang dialami oleh tipe smartphone yang menggunakan layar BOE.

Ada beberapa artikel yang menjelaskan bahwa kasus layar burn-in ini banyak ditemukan pada layar LCD yang berteknologi AMOLED. Namun hal itu tidaklah benar sepenuhnya, karena saya sendiri sebagai pengguna  Redmi Note 5 dengan layar IPS LCD juga mengalami layar burn-in.

kondisi redmi note 5 saya 
Adapun cara untuk melihat jenis layar yang digunakan di smartphone Xiaomi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: 

Masuk ke menu "Tentang Ponsel" kemudian tap 5 kali pada "Kernel Version". Nanti akan muncul menu "Hardware Test" kemudian pilih "Version Information" nanti akan ditampilkan hardware yang digunakan. Dan untuk melihat jenis layar silahkan lihat pada informasi LCD.

tampilan jenis layar
Adapun cara untuk menghilangkan atau sekedar mengantisipasi terjadinya layar burn-in sebagai berikut: 

Cara pertamaSetting layar smartphone.
  1. Biasakan menggunakan layar dengan  tingkat kecerahan di bawah 50%
  2. Jangan terlalu lama didalam satu aplikasi dengan kondisi kecerahan layar yang tinggi
  3. Misal cuma ingin membaca, maka gunakanlah mode "Read Mode" supaya layar tidak terlalu cerah namun jelas
  4. Masuk ke Setting > Display > Color > Pilih Cool supaya lebih adem tampilannya
pilih cool
Cara kedua, dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ke-3.

Di sini saya mencontohkan cara mengatasi layar burn in Xiaomi dengan menggunakan aplikasi kernel adiutor yang bisa diunduh gratis di Play Store, namun untuk menggunakan cara ini smartphone harus sudah dalam keadaan root.

  1. Masuk aplikasi kernel adiutor kemudian  pilih menu yang ada di bagian kiri atas lalu masuk ke bagian screen.
    masuk ke bagian screen
  2. Setting seperti gambar dibawah ini 
    setting  seperti ini
Atau bisa setting sesuai dengan yang enak dipandang mata, silahkan pilih yang sesuai dengan penglihatan anda:

Red 236
Green 248
Blue 256
RGB Value 35
Saturation 50
Screen Hue 0
Screen Value 123
Screen Contrast 130

Atau
Red 225
Green 245
Blue 256
Saturation: 40

Atau
Red 250
Green 250
Blue 235
Saturation 27
Hue 1520
Screen value 112
Contras 132

Atau
Red 256
Green 250
Blue 251
RGB Value 35
Saturation 66
Screen Hue 1526
Screen Value 136
Screen Contrast 132

Atau
Red 250
Green 250
Blue 256
RGB Value 35
Saturation 54
Screen Hue 1526
Screen Value 133
Screen Contrast 138

Saya rasa cukup sekian tutorial tentang Cara Menghilangkan burn-in pada layar smartphone. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan dalam kolom komentar. Sekian dan Selamat Mencoba!! 
Know You Can

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
© AllAndro.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain