Stay Home, Stay Safe, Stay Alive.COVID-19

Cara Cek IMEI Resmi atau Ilegal di Semua Ponsel

Cara Cek IMEI Resmi atau Ilegal di Smartphone - Guna memangkas distribusi ponsel ilegal di Indonesia, pada awal bulan Agustus nanti, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan tentang larangan pembelian ponsel dari luar negeri tanpa melalui prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya (garansi resmi) 
Cara Cek IMEI Resmi atau Ilegal di Semua Ponsel
Pembeli ponsel dari luar negeri yang tanpa melalui distibutor resmi nantinya tidak akan bisa menggunakan kartu SIM dari semua operator seluler di Indonesia. 

Sekarang ini Kemenperin telah menerbitkan situs husus untuk mengecek IMEI ponsel yang terdaftar resmi atau tidak. Jika nantinya IMEI ponsel tidak ada dalam database sistem, maka kemungkinkan ponsel tersebut bukanlah ponsel resmi atau bisa dikatan termasuk barang black market.

Ada beberapa cara untuk mengecek nomor IMEI ponsel yang kita gunakan saat ini, diantaranya yaitu dengan menekan tombol *#06#. Cara ini dapat digunakan di semua ponsel, baik ponsel Samsung, Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO, iPhone, dan lain-lain.

Cara lainnya untuk mengecek nomor IMEI ponsel adalah dengan melihat box atau kardus dari penjualan ponsel. Kebanyakan di setiap kotak penjualan tertulis beberapa informasi mengenai ponsel yang ada di dalamnya, seperti nomor IMEI, serial number dan keterangan spesifikasi ponsel.

Cara Cek IMEI di situs Kemenperin

Sesudah nomor IMEI berhasil diketahui, selanjutnya silahkan masuk ke situs resmi Kemenperin untuk mengecek apakah IMEI ponsel yang kita gunakan terdaftar secara resmi atau tidak. Caranya dengan mengunjungi situs resmi kemenperin DISINI kemudian masukkan nomor IMEI yang tertera pada ponsel kita tadi. 

Jika nomor IMEI kita terdaftar, maka akan muncul keterangan nomor IMEI, vendor, merek ponsel dan juga model. 
IMEI resmi
Jika belum terdaftar maka akan muncul keterangan bahwa nomor IMEI tersebut tidak ada dalam database Kemenperin. 
IMEI ilegal
Penting untuk diketahui jikalau nanti kalian tidak bisa memasukkan nomor IMEI di situs resmi Kemenperin, berarti situs tersebut sedang mengalami perbaikan, jadi bisa kalian coba kembali beberapa saat kemudian. 

Kurang lebih seperti itulah cara untuk mengecek IMEI dan juga cara untuk mengetahui apakah nomor IMEI terdaftar secara resmi atau tidak. 


SELAMAT MENCOBA!!
Reaksi:

0 Response to "Cara Cek IMEI Resmi atau Ilegal di Semua Ponsel"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel