Cara Install Gcam di Xiaomi Mi 9T/K20 Pro

Cara Mudah Install Gcam di Xiaomi Mi 9T/K20 Pro Aman Tanpa Root - Xiaomi Mi 9T merupakan salah satu smartphone terbaru Xiaomi yang fokus pada segmen mid-range, dengan berbekal prosesor terbaru dari Quallcomm yaitu Snapdragon 730, dan didukung RAM 6 GB serta dua pilihan memori Internal, yakni 64GB dan 128 GB. Xiaomi Mi 9T ini dikenal sebagai nama lain dari Redmi K20, smartphone ini dikabarkan akan resmi masuk ke Indonesia.

Cara Install Gcam di Xiaomi Mi 9T/K20
Sama seperti versi tertingginya Xiaomi Mi 9T Pro atau Redmi K20 Pro, dibekali dengan tiga buah modul kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 48 megapiksel (f/1.8), kamera ultrawide 13 megapiksel (f/2.4), dan kamera telephoto 8 megapiksel (f/2.4). Sedangkan untuk kamera depannya mengusung modul pop up yang mempunyai resolusi 20 MP.

Apa itu Gcam

Sebagian fans berat android dan penggila fotografi mobile, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi kamera terbaik dari Google yaitu Gcam (Google Camera). Aplikasi ini mampu memberikan perbaikan yang cukup signifikan untuk hasil kamera, alih-alih membeli smartphone mahal dengan kamera berspesifikasi terbaik, anda dapat mendapatkan kualitas gambar foto yang keren hanya dengan menggunakan aplikasi Gcam ini 

Lantas dari mana perbaikan kualitas gambar hasil jepretan Gcam tersebut berasal? Hasil tersebut didapatkan dari kinerja software yang terintegrasi sedemikian rupa di dalam aplikasi Google Camera.

Tidaklah penting seberapa bagus aplikasi kamera bawaan yang ada di suatu smartphone android, Gcam akan memberikan perbaikan yang cukup signifikan hingga anda akan merasa kalau aplikasi kamera bawaan tersebut hasilnya kurang begitu memuaskan (pendapat pribadi).

Akan tetapi perlu dicatat, bahwa aplikasi Gcam secara resmi belum tersedia untuk perangkat smartphone non-pixel. Sehingga terkadang anda masih akan menemukan aplikasi Gcam mod yang tidak berjalan dengan mulus. Untuk mengatasi hal tersebut, maka gunakanlah aplikasi Gcam yang sudah disesuaikan dan dioptimalkan kinerjanya berdasarkan merk dan tipe smartphone tertentu yang dalam kesempatan kali ini adalah Redmi Mi 9T/K20 Pro.

Aplikasi Google Camera di Redmi Mi 9T/K20 Pro

Aplikasi Gcam untuk smartphone Redmi Mi 9T/K20 Pro merupakan hasil kerja keras dari developer independen yang tergabung dalam forum xda. Semua fitur utama Gcam seperti HDR, ZSL, RAW, dan lain-lain dapat bekerja dengan baik. Dan untuk mode kamera yang lain seperti Mode Portrait (Depan/Belakang), Night Sight (Depan/Belakang), Super Res Zoom, Stiker AR dan Perekaman Video juga dapat berfungsi dengan baik.

Sedangkan untuk sementara waktu, fitur slow motion video, fitur lensa telefoto tidak bisa dijalankan bersamaan dengan fitur HDR+. Pada bagian itu masih memerlukan beberapa perbaikan.

Bagi yang belum tahu apa itu HDR+, HDR+ merupakan senjata rahasia di balik spektakulernya aplikasi Google Camera pada smartphone Pixel. Sedangkan untuk Night Sight adalah fitur baru yang membantu pengguna mengambil gambar yang menakjubkan dalam kondisi cahaya rendah tanpa bantuan lampu flash.

Tentunya hal demikian tergolong wajar, karena ponsel Google Pixel sendiri hanya mempunyai satu kamera belakang, sehingga sangatlah wajar apabila aplikasi Gcam tidak berjalan dengan baik pada smartphone dengan dua sensor kamera secara bersamaan. Walaupun demikian, sebagian developer sudah menemukan solusi agar aplikasi Gcam dapat bekerja pada smartphone dengan dua sensor kamera di perangkat smartphone yang lain, sedangkan untuk ponsel Redmi Mi 9T/K20 Pro masih belum dapat bekerja dengan maksimal.

Cara install Gcam di Xiaomi Mi9T/K20 Pro Tanpa Root 

Sebelum menginstall Gcam alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui apakah smartphone yang akan digunakan sudah teraktifkan Camera2Api atau belum, karena tidak semua smartphone teraktifkan Camera2Api-nya secara default.

Untuk memastikan apakah smartphone support Camera2 API, anda cukup mengunduh aplikasi Camera2 test yang tersedia gratis di Google Play Store. Kalau sudah silahkan buka aplikasinya kemudian klik Analyze dan pilih menu Full Mode. Cari bagian android.info, apabila terdapat keterangan Hardware Level 3 atau Full, itu berarti smartphone sudah mendukung Camera2Api.

preview Camera2test
Adapun cara memasang Gcam di Redmi Mi 9T/K20 Pro terbilang sangat mudah dan tanpa memerlukan akses root, yaitu hanya perlu mengunduh aplikasi Gcam dan install secara manual.

Untuk mencari Gcam, anda bisa langsung mengunjungi situs https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/ kemudian pilih salah satu Gcam dan unduh. saya sarankan untuk menggunakan apliksi Gcam buatan san1ty, karena dapat berjalan di Redmi Mi 9T/K20 Pro.

Gcam port by san1ty
Selanjutnya install dan beri perizinan yang diminta.

berikan perizinan yang diminta
Setelah itu masuk ke menu Setting dan ubah pengaturannya seperti di bawah ini dan bisa juga anda kembangkan sendiri pengaturannya.

  • Rear camera model: Pixel 3 XL
  • Front camera model: Nexus 6P
  • HDR+ control: On
  • Use HDR+ enhanced in Potrait mode: On
  • (opsional) Pro Mode: O

optional settings
Setelah selesai diubah, silahkan restart aplikasi Gcam kemudian coba fitur-fitur unggulan Gcam, seperti Potrait Mode, HRD+ Enhanced, Night Sight apakah bisa berjalan dengan baik. Apabila tidak berjalan dengan baik silahkan anda otak-atik sendiri settingannya.

Cukup sekian post kali ini tentang Cara Memasang Google Camera di Xiaomi Mi 9T/K20 Pro Tanpa Root. Apabila ada yang kurang jelas atau mau menambahi silahkan masuk ke kolom komentar. Selamat Mencoba!!
Reaksi:

0 Response to "Cara Install Gcam di Xiaomi Mi 9T/K20 Pro"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel