Nonton video dibayar ratusan ribu. Klik here

Cara Pasang TWRP Realme 3 Pro

Cara Install TWRP Realme 3 Pro - Nama Realme untuk sekarang ini sudah mulai cukup akrab terdengar di masyarakat Indonesia, Realme sendiri merupakan sub brand dari merk yang sudah cukup besar pasarnya, yaitu Oppo. Mulai tahun lalu Oppo sebagai perusahaan induk mulai fokus pada pasar menengah ke atas, sedangkan Realme menyasar pasar menengah kebawah. Pembagian merk seperti ini sebelumnya juga dilakukan oleh Xiaomi dengan lini smartphone Mi dan Redmi.

Cara Install TWRP di Realme 3 Pro
Seiring berjalanya waktu, Realme sedikit demi sedikit mulai mengambil alih pangsa pasar Redmi dengan penawaran harga yang bisa dibilang bersaing, demikian juga dengan desain yang tak kalah modern dan spesifikasi yang bisa dibilang gahar di setiap tipe smartphonnya.

Dan salah satu smartphone Realme yang cukup keren dan dibekali dengan spesifikasi dan desain yang cantik adalah Realme 3 Pro, smartphone ini merupakan generasi ketiga dari Realme yang semakin hari semakin banyak peminatnya. Realme 3 Pro resmi hadir di Indonesia pada awal bulan Mei lalu, bersamaan dengan Realme C2. Smartphone ini menyasar para generasi muda yang irit budget, namun tetap ingin tampil trendi.

Realme 3 Pro mengusung layar seluas 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (rasio layar 19,5:9). Di bagian atasnya ada poni (notch) berbentuk waterdrop yang digunakan sebagai wadah kamera selfie beresolusi 25 megapiksel. Sedangkan untuk kamera belakangnya tersusun jajar ke bawah, masing-masing beresolusi 16 megapiksel (lensa f/1.7) dan 5 megapiksel (lensa f/2.4), disertai adanya modul LED flash dan  finger print berbentuk elips.

Baca Juga : Cara UBL Realme 3 Pro

Untuk sisi hardware, Realme 3 Pro dibekali dengan Chipset Octa-core Snapdragon 710, serta didukung oleh baterai berkapasitas 4.045 mAh yang support teknologi fast charging VOOC 3.0. Sedangkan Sistem Operasinya berjalan pada Android Pie 9.0 berbasis UI Color OS 6.0 buatan Oppo. Dan untuk varian RAM tersedia dua variant yaitu 4GB/64GB dan 6GB/128GB.

Hal demikian tentu mengundang minat para developer untuk membuat Mod, Custom Rom, TWRP, ataupun cara Root Realme 3 pro ini, untuk custom recovery atau yang akrab disebut TWRP kini sudah tersedia versi Officialnya, anda bisa mengunduh twrp realme 3 pro melalui link yang saya sediakan dibawah, karena kebetulan pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan cara instal twrp Realme 3 Pro.

Apa Itu TWRP?

TWRP atau singkatan dari "Team Win Recovery Project" merupakan alternatif custom recovery untuk para pengguna smartphone Android yang tersedia dalam lisensi terbuka.

Secara default, setiap smartphone Android dilengkapi dengan recovery bawaan atau yang sering disebut dengan stock recovery. Namun sayangnya, recovery bawaan ini mempunyai fitur yang sangat terbatas, yaitu hanya untuk menghapus data dan menginstall update sistem secara manual dengan paket pembaruan terverifikasi.

Berbeda dengan stock recovery, Custom recovery yang dikembangkan oleh pihak ketiga menawarkan fitur yang lebih lengkap. Tidak hanya terbatas menghapus data dan menginstall update sistem, custom recovery biasanya diprogram agar memiliki fungsi backup dan restore sistem, pilihan dalam menghapus data supaya tidak menghapus seluruh data di memori Internal, dan juga menginstall paket pembaruan sistem yang berasal dari pihak ketiga.

Dan enaknya, custom recovery (TWRP) menawarkan dukungan penggunaan layar sentuh dalam pengoprasiannya, yang mana hal tersebut tidak bisa dilakukan di stock recovery, dan sampai saat ini kebanyakan custom recovery lain masih menggunakan tombol fisik dalam pengoprasiannya.

Dan bagi anda yang berniat untuk menginstall TWRP pada smartphone Realmenya, bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya sampaikan dibawah.

Syarat Install TWRP Realme 3 Pro

Sebagaimana menginstall TWRP pada umumnya, ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, diantaranya yaitu: 

  • Realme 3 Pro sudah ter-UBL, untuk Cara UBL Realme 3 Pro bisa lihat DISINI
  • PC atau Laptop
  • File TWRP Realme 3 Pro DISINI
  • SDK Platform Tool Android yang bisa anda unduh DISINI
  • Ekstrak file ZIP ke folder root dari direktori C atau D. 

Ekstrak Platform tools
  • Aktifkan USB debugging dan OEM Unlock di Opsi pengembang atau Developer Option.
  • Pastikan kondisi baterai setidaknya 60%.

Cara Mudah Memasang TWRP Realme 3 Pro

  • Hubungkan amartphone Realme 3 Pro ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB 
  • Buka program ADB, dengan cara masuk ke folder platform-tools kemudian ketik cmd di address bar.

cari cmd
  • Reboot smartphone Realme 3 Pro ke mode fastboot dengan menggunakan command ADB berikut ini.
adb reboot bootloader
  • Berikan perizinan USB debugging yang muncul di layar smartphone Realme 3
  • Setelah masuk ke mode fastboot, kemudian flash file image TWRP yang sudah diunduh menggunakan command berikut.
fastboot flash recovery twrp-3.3.1-1-RMX1851.img
  • Apabila posisi file TWRP berada di folder lain, maka gunakan command yang lebih lengkap yang menunjukkan posisi file TWRP berada dengan command berikut ini.
fastboot flash recovery /lokasi/file/twrp-3.3.1-1-RMX1851.img
  • Jika sudah berhasil, silahkan reboot smartphone dengan menggunakan cimmand berikut ini.
fastboot reboot

Sampai disini pastinya anda sudah berhasil menginstall TWRP pada smartphone Realme 3 Pro. Untuk proses Root Realme 3 Pro silahkan baca DISINI

Cukup sekian post kali ini tentang Cara Memasang TWRP Realme 3 Pro. Apabila ada yang kurang jelas atau mau menambahi bisa masuk ke kolom komentar dibawah. Ahir kata Selamat Mencoba.
Know You Can

2 komentar

  1. Work ngga di realme UI Android 10 bng?
    1. cara di atas hanya bisa bekerja di android 9, karena untuk saat ini aplikasi in deep test belum melakukan update versi terbarunya. jadi solusinya untuk saat ini:
      1- menunggu aplikasinya update
      2- downgrade ke android 9

      kami akan memperbarui artikel ini apabila versi baru telah tersedia. Terimakasih, semoga membantu
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
© AllAndro.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain