Ciri-ciri IC eMMC Smartphone Lemah atau rusak

Ciri-ciri IC eMMC Lemah dan Penyebab IC eMMC Rusak -
Ponsel android merupakan sebuh perangkat elektronik yang pintar atau biasa kita sebut dengan nama Smartphone, ada banyak aplikasi-aplikasi yang cerdas dan sangat berguna untuk kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Namun, apakah kita tau bahwa di dalam smartphone tersebut terdapat komponen-komponen penting dan bermacam-macam fungsinya? 
Ciri-ciri IC eMMC Smartphone Lemah atau rusak
Salah satu komponen IC pada smartphone adalah eMMC yang memiliki peranan penting dalam kinerja pada hp android.Kepanjangannya adalah Embeded Multi-Media Controler adalah sebuah modul controler yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi. 

Penggunaan smartphone seiring dengan berjalanya usia smartphone tersebut, maka besar kemungkinan semakin lama akan semakin penuh kapasitas dari emmc tersebut, sehingga sedikit demi sedikit gangguan pun akan di alami pengguna smartphone. Jadi jangan heran apabila si smartphone semakin lama akan semakin melambat atau lemot.

Mengetahui IC eMMC lemah Atau Rusak.

Pada IC ini terdapat sebuah tempat untuk menyimpan partisi Recovery Mode, System OS, Internal Storage, EFS, Bootloader dan masih banyak yang lainya yang secara fungsi mempunyai peranan penting dalam kinerja ataupun kelangsungan dari penggunakan smartphone.

Jika seandainya kita sederhanakan, maka IC eMMC merupakan sebuah chip tempat penyimpanan OS android smartphone. Ada banyak komponen IC, seperti IC flash yang hanya berfungsi media penyimapanan saja, sedangakan IC eMMC selain menjadi media penyimpanan flash juga berfungsi sebagai controler.

Salah satu gejala eMMC mulai penuh atau melemah mungkin saja sudah pernah kita jumpai pada smartphone, seperti sering keluar pop-up "sayangnya aplikasi telah terhenti" Atau sering terjadi froce close, kinerja melelmah atau hp menjadi lemot. Bukan hanya itu saja kerusakan eMMC menjadi salah satu faktor yang menyebabkan smartphone bootloop /mentok logo ketika dinyalakan.

Dalam penggunaan smartphone, akan lebih bijak apabila menyesuaikan dengan spesifikasi agar smartphone yang kita miliki menjadi lebih awet, dan jangan lupa perhartikan kapasitas dari penyimpanan Internal agar jangan terlalu penuh supaya performa smartphone tetap stabil.

Apabila kita merupakan seseorang yang awam dalam hal elektronik, mungkin akan merasa sedikit bingung tentang cara untuk membedakan antara eMMC dan IC CPU karena dari keduanya secara fisik memiliki kesamaan, yaitu berbentuk chip IC.

Adapun ciri-ciri eMMC biasanya terdapat tulisan dari merek smartphone tersebut, seperti samsung, asus, xiaomi dan lainya.Sedangkan ciri-ciri IC Cpu terdapat tulisan dari tipe CPU tersebut, seperti snapdragon, mediatek, exynos dan lainya.

Gejala eMMC rusak atau Lemah Pada Smartphone.

Seperti yang sudah saya tulis diatas, bahwa salah satu kerusakan yang di sebabkan oleh ketidak sehatan pada smartphone adalah Bootloop, sering lag, cepat panas dan lemot dan berikut beberapa penyebab atau Ciri ciri eMMC rusak.

  • Smartphone bootloop dan tidak bisa di flash, walaupun berhasil di flash namun masih saja bootloop atau stuck pada logo.
  • Smartphone tidak dapat melakuakan wipe atau factory reset
  • Untuk pengguna mediatek biasanya terdapat error "S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069)" ketika melakuan flash via SP Flash Tool,  hal ini bisa di simpulkan bahwa proses flashing tidak dapat di lakukan karena eMMC mengalami Oversized atau penuh.
  • Ketika smartphone di gunakan sering terjadi "Froce closed" atau notifikasi "Sayangnya aplikasi telah berhenti" Meskipun sudah melakuakan Hard reset pada smartphone tersebut.
  • Tidak dapat melakukan upgrade OS merupakan salah satu ciri eMMC sudah melemah, sehingga sifat "rewrite" sudah tidak bisa di lakukan lagi.
  • Ciri lainnya adalah tidak bisa install aplikasi pada smartphone
  • Smartphone menjadi lemot dan sering mengalami Lag ataupun hang, meskipun kapasitas penyimpanan Internal dan penggunaan aplikasi ringan.
  • Untuk ciri-ciri kelemahan eMMC pada ponsel Oppo salah satunya ketika di cas muncul logo petir namun animasi pengisian tidak bergerak hanya terdapat logo petir saja.

Itulah beberpa tanda tanda kerusakan eMMC pada smartphone android secara umum, namun untuk lebih memastikan lagi pada smartphone yang dalam kondisi bootloop, jika proses flashing berhasil namun hasilnya  tetap bootloop kemungkinan besar itu di sebabkan oleh kerusakan eMMC dan ada beberpa kasus yang di flash malah menjadi mati total.

Karena itu, peranan pengguna sangat besar dalam kerusakan sebuah perangkat smartphone. Sebagai pengetahuan tentang penyebab dan kerusakan eMMC adalah sebagai berikut.

Penyebab eMMC Lemah serta Cepat Rusak

Dengan mengetahui penyebabnya, maka  akan menjadi acuan serta pengetahuan tentang tindakan yang dapat menyebabkan kerusakan pada ic tersebut, berikut bebrapa penyebabnya:

  • Terlalu lama di cas, sehingga terjadi Overcharged sehingga ketika baterai sudah penuh terus melakukan pengisian daya, walaupun saat ini kebanyakan smartphone sudah di lengkapi dengan fitur auto cut daya yang masuk ketika di charge yang secara teknis daya yang tersuplai ke dalam baterai akan terputus atau tidak mengisi namun untuk aliran listrik tetap mengalir ke smartphone sehingga dapat memicu kerusakan pada eMMC.
  • Terlalu sering melakukan Oprek atau Modifikasi partisi pada smartphone juga dapat menjadi faktor melemahnya eMMC.
  • Sering melakukan copot paksa baterai, karena itu pastikan anda mematikan smartphone terlebih dulu ketika akan menyopot baterai.
  • Smartphone sering di flash ulang atau melakukan gonta ganti OS juga dapat menjadi faktor usia eMMC
  • Usia smartphone yang sudah Usang.
  • Penggunaan aplikasi yang tidak wajar dan melakukan Over clocking,tweak, sehingga kinerja smartphone di paksa untuk mengerjakan tugas berat dalam jangka yang panjang, seperti bermain game dan lain-lain.

Itulah beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan kerusakan IC pada smartphone android khususnya IC eMMC.

Cukup sekian artikel kali ini tentang Ciri-ciri ic eMMC smartphone rusak dan penyebab kerusakan eMMC, Semoga bisa bermanfaat.
Reaksi:

0 Response to "Ciri-ciri IC eMMC Smartphone Lemah atau rusak"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel