Nonton video dibayar ratusan ribu. Klik here

Cara Instal TWRP Realme 5 Pro

custom recovery (TWRP) menawarkan dukungan penggunaan layar sentuh dalam pengoprasiannya, yang mana hal tersebut tidak bisa dilakukan di stock recovery Realme 5 Pro
Cara Pasang TWRP Realme 5 Pro - Realme kembali mencoba untuk memberikan smartphone unggulan dengan harga yang bersahabat. Pada beberapa bulan yang lalu Realme kembali mengeluarkan smartphone Realme 5 Pro yang mana menjadi penerus dari suksesor sebelumnya yaitu Realme 3 Pro. Untuk masalah spesifikasi tidak ada peningkatan yang signifikan, adapun peningkatan yang sangat mencolok adalah Realme 5 Pro dibekali dengan Quad kamera belakang.



Seperti biasanya, Smartphone Realme hadir dengan membawa User Interface ColorOs yang dipakai juga oleh smartphone Oppo, karena memang Realme sendiri merupakan sub brand dari Oppo. Untuk versi ColorOs yang dipakai yaitu ColorOs v6.0 yang nantinya digadang-gadang akan mendapat update ke ColorOs v7.0. Dan untuk updatenya sendiri masih belum ada kepastian dari Oppo sebagai pengembang dari User Interface ColorOs.

Seiring dengan banyaknya peminat smartphone Realme, diluar sana juga mulai banyak para developer yang mebuat TWRP Realme 5 Pro, Mod, Custom Rom, Custom Kernel untuk Smartphone Realme 5 Pro ini.

Bagi pengguna biasa tentu asik-asik saja dengan Realme 5 Pro-nya, akan tetapi beda halnya apabila bagi pengguna yang suka oprek-oprek smartphone, tentu akan sedikit merasa bosan dengan tampilan smartphone yang begitu-begitu saja. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya mereka lebih memilih untuk melakukan Modding pada smartphonya, entah mengganti tema, memasang custom recovery, rooting, dan sebagainya.

Bagi anda yang termasuk orang-orang yang suka oprek dan kebetulan sedang mencari cara untuk oprek realme 5 pro,
kebetulan Pada kesempatan kali ini kami ingin menulis panduan Cara instal twrp Realme 5 Pro. Ya walaupun diluar sana sudah banyak yang mengulas tentang bagaimana cara pasang twrp Realme 5 Pro, namun tidak ada salahnya bukan kalau kami ikut menulisnya. itung-itung buat banyakin referensi bagi yang mencari tutorial instal twrp Realme 5 Pro ini.
Sebelum kita masuk ke tutorial pasang twrp Realme 5 Pro, lebih baik kita ketahui terlebih dahulu apa itu twrp realme 5 pro, apa kegunaan twrp, dan kenapa harus memasang twrp di realme 5 pro. 

Apa Itu TWRP?

TWRP atau singkatan dari "Team Win Recovery Project" merupakan sebuah alternatif custom recovery bagi para pengguna smartphone Android Os yang tersedia dalam lisensi terbuka (Open Source)

Setiap smartphone Android Secara default dilengkapi dengan recovery bawaan atau stock recovery. Tapi sayangnya, recovery bawaan tersebut mempunyai menu atau fitur yang sangat terbatas, yaitu hanya bisa digunakan untuk menghapus data dan menginstall update sistem secara manual dengan paket pembaruan yang sudah terverifikasi.

Hal tersebut berbeda ketika anda menggunakan Custom Recovery yang dikembangkan oleh pihak ketiga yang menawarkan fitur yang lebih lengkap. Jadi bukan hanya terbatas menghapus data dan menginstall update sistem, custom recovery juga diprogram agar memiliki fungsi backup dan restore sistem, pilihan dalam menghapus data supaya tidak menghapus seluruh data di memori Internal, dan juga menginstall paket pembaruan sistem yang berasal dari pihak ketiga.

Dan enaknya, custom recovery (TWRP) menawarkan dukungan penggunaan layar sentuh dalam pengoprasiannya, yang mana hal tersebut tidak bisa dilakukan di stock recovery Realme 5 Pro, dan sampai saat ini kebanyakan custom recovery lain masih menggunakan tombol fisik dalam pengoprasiannya.

Keuntungan Menggunakan TWRP Realme 5 Pro

  • Anda dapat melakukan flashing Stock ROM ataupun Custom ROM langsung Melalui TWRP Realme 5 Pro. 
  • Anda dapat melakukan flashing file Mod yang biasanya berformat zip 
  • Anda juga bisa menginstal Modul Xposed menggunakan TWRP
  • Mudah untuk melakukan Root dan Unroot
  • Mudah melakukan Back-up dan Restore menggunakan TWRP Recovery.
  • Anda dapat melakukan flashing file *img menggunakan TWRP Recovery di Realme 5 Pro.
  • Mudah untuk menghapus semua bloatware menggunakan TWRP Recovery di Realme 5 Pro.
  • Untuk underclock dan overclock.
  • Anda dapat dengan mudah melakukan Wipe, Cache, dan Data.
Bagaimana? anda tertarik untuk memasang twrp di realme 5 pro? jika iya, silahkan anda ikuti cara memasang twrp di realme 5 pro berikut ini.
Disclaimer!! Sebelum anda melakukan metode ini, saya hanya ingin memperingatkan  bahwa, dengan melakukan ini Anda akan kehilangan garansi dan  jika Anda tidak membaca langkah-langkah dan melakukan sesuatu yang salah, makabakan dapat merusak perangkat Anda. Maka dari itu ikutilah langkah demi langkah dengan hati-hati.

Syarat dan Bahan Pasang twrp Realme 5 Pro

Langkah Instal TWRP Realme 5 Pro (RMX1971)

  • Hubungkan amartphone Realme 3 Pro ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel USB 
  • Buka program ADB, dengan cara masuk ke folder platform-tools kemudian ketik cmd di address bar.
    cari cmd
    • Reboot smartphone Realme 3 Pro ke mode fastboot dengan menggunakan command ADB berikut ini.
    adb reboot bootloader
    Baca Juga : Tema Samsung Galaxy Untuk Oppo & Realme

    • Berikan perizinan USB debugging yang muncul di layar smartphone Realme 5 Pro
    • Setelah masuk ke mode fastboot, kemudian flash file image TWRP yang sudah diunduh menggunakan command berikut.
    fastboot flash recovery twrp-RMX1971-20191121.img
    • Apabila posisi file TWRP berada di folder lain, maka gunakan command yang lebih lengkap yang menunjukkan posisi file TWRP berada dengan command berikut ini.
    fastboot flash recovery/lokasi/file/twrp-RMX1971-20191121.img
    • Jika sudah berhasil, silahkan reboot smartphone dengan menggunakan cimmand berikut ini.
    fastboot reboot
    Sampai disini pastinya anda sudah berhasil menginstall TWRP pada smartphone Realme 5 Pro. 

    Cukup sekian post kali ini tentang Cara Memasang TWRP di Realme 5 Pro. Apabila ada yang kurang jelas atau mau menambahi bisa masuk ke kolom komentar dibawah. Ahir kata Selamat Mencoba.

    Know You Can

    Posting Komentar

    Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.