Nonton video dibayar ratusan ribu. Klik here

Cara UBL Realme 5 Pro (RMX1971)

Jadi apabila anda ingin memodifikasi smartphone yang anda miliki, entah menginstall Custom rom, Rooting, mengganti kernel, dan lain-lain maka anda terlebih dahulu harus melakukan Unlock Bootloader.
Cara Unlock Bootloader Realme 5 Pro (Support Realme UI/Android 10) - Realme 5 Pro merupakan penerus dari Realme 3 Pro dalam segi hardwere  dan kamera. Smartphone terbaru dari Realme ini  tidak membanya banyak perubahan, dalam arti semua kelemahan dan kekurangan dari seri Realme sebelumnya (Realme 3 Pro) masih ada dalam Realme 5 Pro ini. Beberapa di antaranya yaitu masalah panas, kualitas kamera, lag, dan lain-lain. 


Tutorial UBL Realme 5 Pro
Spesifikasi dari Realme 5 Pro sendiri yang cukup menarik perhatian adalah adanya quad kamera dan desain premium. Sedangkan di bagian depan, ia hadir dengan kamera selfie beresolusi 16 megapiksel. Sedangkan dalam segi dapur pacu, Realme 5 Pro ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 712. Dan Realme 5 Pro ini dijual dalam keadaan Locked Bootloader, maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah tutorial unlock Bootloader Realme 5 Pro.

Apa itu Bootloader?

Bagi sebagian orang yang hobby melakukan oprek android pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Bootloader. Pada dasarnya, Bootloader adalah sebuah paket petunjuk untuk booting kernel sistem operasi dan memiliki debugging atau lingkungan modifikasi sendiri-sendiri. Jadi apabila anda mencoba untuk menginstall custom ROM atau kernel yang keliru, maka bisa berakibat fatal pada smartphone android, karena OS Android merupakan sebuah sistem operasi (OS) terbuka dan tersedia dalam berbagai jenis hardware yang berbeda pula, sehingga setiap vendor mempunyai versi dan spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang ada dalamnya.

Kenapa Bootloader dikunci?

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya kenapa Bootloader terkunci? Jawabanya adalah karena Vendor dari smartphone masih menginginkan penggunanya untuk tetap menggunakan versi Android yang sudah mereka rancang untuk perangkat yang mereka produksi. Meskipun OS Android sendiri merupakan sistem operasi yang terbuka, tapi untuk alasan diatas para vendor smartphone lebih memilih untuk mengunci Bootloader pada perangkat-perangkat buatan mereka.


Jadi apabila anda ingin memodifikasi smartphone yang anda miliki, entah menginstall Custom rom, Rooting, mengganti kernel, dan lain-lain maka anda terlebih dahulu harus melakukan Unlock Bootloader Realme 5 Pro anda.

Kelebihan Unlock Bootloader

Tentu saja dengan melakukan UBL pada Realme 5 pro kita akan mendapatkan banyak sekali, diantaranya yaotu kita bisa bebas melakukan modifikasi sistem, seperti menginstal Custom ROM, melakukan rooting, memasang TWRP, dan modifikasi sistem yang lain. Adapun keuntungan terbesar yang bisa kita dapatkan adalah kita bisa dengan mudah mengatasi smartphone dalam keadaan bootloop saat setelah melakukan unlock bootloader pada Realme 5 pro.

Kekurangan Unlock Bootloader

Walupun melakukan UBL Realme 5 pro yang kita miliki mendapatkan persetujuan dari pihak Realme, ternyata ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan terlebih dahulu, seperti resiko hilangnya garansi, dan smartphone lebih rentan terhadap virus setelah selesai terunlock bootloadernya. Namun kita tidak perlu menghawatirkan hal tersebut, karena smartphone akan tetap bisa menerima update scurity secara official meskipun dalam keadaan locked bootloader, sehingga kekurangan dari Unlock Bootloader tersebut bisa diatasi dengan adanya update scurity yang rutin dilakukan oleh pihak Realme.

Untuk melakukan Unlock Bootloader Realme 5 Pro, silahkan anda ikuti Cara UBL Realme 5 Pro berikut ini :

Note !! Proses Unlock Bootloader akan membatalkan garansi, dan akan menghapus semua data yang ada pada smartphone termasuk aplikasi, kontak, SMS, dan yang lainnya.

Cara Unlock Bootloader Realme 5 Pro (realme UI/Android 10)

Cara UBL Realme 5 Pro ini sebenarnya sangat mudah, namun sebelum masuk ke tahap Unlock, terlebih dahulu anda harus memenuhi beberapa persyaratan dan menyiapkan beberapa bahan. 

Syarat UBL Realme 5 Pro

  • Isi daya smartphone  setidaknya 50% untuk menghindari gangguan.
  • Cadangkan kontak, aplikasi, pesan, log panggilan, catatan, dll.
  • Kopi dan Rokok agar tetap santuy.

Bahan Unlock Bootloader Realme 5 Pro

- Laptop/PC 
- Realme USB Driver
- Kabel USB
- In Depth test realme 5 pro (Android 10)

Langkah UBL Realme 5 Pro

  • Pastikan versi OS yang anda gunakan saat ini merupakan versi official dan terbaru.
  • Buka aplikasi In Deep Test, kemudian tap start apllying. 
start applying
  • Baca disclaimer kemudian centang, selanjutnya klik tombol Submit application. 
baca disclaimer dan centang, Submit
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk review 
selesai direview
  • Terahir klik Start the in-depth test dan Realme 5 Pro akan reboot otomatis dan menampilkan teks seperti ini
fastboot_unlock_verify ok
Baca Juga : Cara Memasang Tema di Realme Color OS 6
  • Sambungkan Realme 5 Pro ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB. 
  • Buka Fastboot tool dan masukkan perintah berikut ini
adb reboot bootloader
  • Untuk melakukan unlock bootloader realme 5 pro, silahkan masukkan perintah berikut 
fastboot flashing unlock
  • Tekan tombol Volume Up (+) untuk proses unlock, atau tekan tombol volume Down (-) untuk membatalkan proses UBL realme 5 pro. 
konfirmasi unlock bootloader
  • Saat anda mengkonfirmasi untuk melakukan unlock bootloader dengan tombol volume up, maka realme 5 pro akan masuk ke mode fastboot. dan silahkan masukkan perintah berikut untuk restart. 
fastboot mode
fastboot reboot
  • Realme 5 Pro akan restart dan masuk ke dalam mode in-depth test. Pada tahap ini semua data yang ada di internal perangkat akan dihapus. 
  • Tunggu prosesnya sampai selesai.

Resiko Unlock Bootloader Realme

Perlu diperhatikan bahwa, Realme tidak dapat menjamin Fungsionalitas Penuh, dan tidak akan bertanggung jawab atas custom ROM dari pihak yang tidak diklasifikasikan yang di instal ke perangkat kalian setelah melakukan unlock bootloader. Karena memang custom ROM pihak ketiga tidak melalui tahap pengujian dari pihak Realme untuk setiap perangkat dan versi perangkat lunak yang dirilis.

Custom ROM pihak ketiga mungkin saja tidak akanbekerja dengan optimal di perangkat yang anda gunakan, atau bisa saja fungsi dan layanan tertentu akan berhenti bekerja.

Kami rasa cukup demikian pembahasan kali ini tentang Cara Unlock Bootloader (UBL) Realme 5 Pro Android 10. Jika dari keseluruh ulasan di atas, masih ada yang kurang jelas, anda bisa mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Sampai jumpa di update berikutnya. Sekian dan Semoga bermanfaat.
Know You Can

6 komentar

  1. Gan. Di bulan saya kan sudah update ke Android 10 untuk realme 5 oro. Bagai mana cara UBL nya saya sudah mencoba menggunakan aplikasi in deoth test tapi selalu fc dari aplikasi tersebut
    1. untuk android 10 memang masih banyak aplikasi yg belum support. jadi untuk mengatasi hal tersebut lebih baik downgrade dulu ke android 9 dg cara flash manual
    2. Cara donwgradenya gimana bg udah saya cari di google dan yt ga ada bg untuk yg realme 5 pro
    3. cari aja firmware realme 5 pro yg masih pake android 9. nanti flash pake PC. Banyak kok di web
  2. Kenapa punya ku file not found saat eksekusi
    1. file apa pak?
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
© AllAndro.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain