Cara Mengatasi Akun iCloud Penuh

Cara Menghapus Penyimpanan iCloud dari iPhone dan Mac - Dengan meningkatnya jumlah data, penggunaan layanan penyimpanan cloud juga meningkat. Saya sekarang membutuhkan sejumlah besar ruang penyimpanan untuk menjaga konten saya dan berkat berbagai opsi penyimpanan cloud, saya dapat menyimpan dan mengakses konten apa pun yang saya inginkan dari mana saja. Selain itu, sistem operasi yang ada saat ini hadir dengan layanan penyimpanan built-in. Misalnya, ada iCloud untuk pengguna Apple, laptop atau perangkat operasi Microsoft dilengkapi dengan OneDrive yang sudah diinstal sebelumnya, sedangkan Android hadir dengan Google Drive orang tuanya. Namun, penyimpanan cloud tidak berarti bahwa kita dapat menyimpan apa pun yang kita butuhkan kepadanya. Penyimpanan cloud memiliki beberapa batasan penyimpanan yang perlu dijaga sebelum kita kehabisan ruang.


Pada kesempatan ini, saya akan memberi anda panduan tentang cara menghapus penyimpanan iCloud dari iPhone dan Mac OS. Jika anda adalah pengguna produk Apple, anda mungkin terbiasa bahwa anda hanya mendapatkan ruang penyimpanan cloud 5GB dengan iCloud yang menurut skenario saat ini tidak banyak. Selain itu, anda akan cepat kehabisan penyimpanan karena secara default pengaturan ponsel anda, file, data aplikasi disimpan di iCloud. Dan itu bisa sangat menjengkelkan untuk terus-menerus membebaskan ruang untuk menyimpan lebih banyak data, terutama jika anda adalah pengguna iPhone atau macOS baru. Tetapi, dengan postingan ini, anda akan dapat melakukan hal itu dengan sangat efektif. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

Cara Melegakan Kapasitas Storage pada iPhone

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk secara efektif mengelola ruang penyimpanan iCloud di iPhone dan Mac. 

Matikan cadangan otomatis
Seperti disebutkan di atas, iPhone anda dilengkapi dengan cadangan otomatis untuk aplikasi, pengaturan, dan file. Ini berarti bahwa semua data anda termasuk foto dan video juga secara otomatis disimpan di iCloud yang dapat menghabiskan ruang. Untuk Cara mematikan pencadangan otomatis iCloud:

Buka Pengaturan >> Profil Pengguna >> iCloud >> Foto dan pastikan untuk mematikan opsi cadangan.


Ini akan menghentikan cadangan otomatis. Tetapi, jika anda ingin menghapus file yang sudah diunggah juga, maka anda dapat pergi ke iCloud >> Kelola penyimpanan , di mana anda akan disajikan dengan pemecahan lengkap dari file yang mengambil ruang di iCloud anda. Pilih aplikasi spesifik yang ingin anda hapus dan hanya itu.

Hapus data cadangan Aplikasi
Aplikasi yang diinstal di iPhone anda menggunakan iCloud sebagai opsi cadangan yang disukai. Ini berarti bahwa kadang-kadang mereka dapat memakan banyak ruang penyimpanan di iCloud daripada data pribadi anda. Untuk Cara menghapus cadangan aplikasi iCloud, anda bisa menuju ke Pengaturan >> Profil >> iCloud >> Kelola Penyimpanan >> Cadangan >> Pilih Perangkat dan kemudian, matikan cadangan untuk aplikasi yang jarang digunakan. Namun, tidak disarankan untuk menghapus file cadangan untuk aplikasi penting seperti WhatsApp.


Hapus Dokumen dan Data iCloud
Anda selalu dapat melanjutkan dan menghapus folder baru yang dapat dibuat dengan menyimpan data di iCloud Drive. Buka Pengaturan >> Profil >> iCloud >> iCloud Drive dan hapus folder yang tidak diinginkan. Proses ini mungkin terlihat sedikit lebih lama ketika anda akan mencobanya secara nyata di iPhone anda. Jika anda juga merasa melelahkan, metode di bawah ini agak mudah.


Hapus data dari aplikasi File
Ada cara lain untuk menghapus folder iCloud melalui aplikasi Files. Arahkan ke Buka File >> iCloud dan anda akan disajikan dengan folder iCloud. Pilih folder tertentu yang ingin Anda hapus.

Saya harap anda bisa membuat dan membebaskan sebagian ruang di iCloud  dengan menggunakan salah satu metode yang disebutkan di atas. 

Demikian Post kali ini tentang Cara Mengelola penyimpanan iCloud. Jika anda mengalami kendala, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah. Sekian dan semoga bermanfaat.
Reaksi:

0 Response to "Cara Mengatasi Akun iCloud Penuh"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel