Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Redmi K30

Cara UBL Redmi K30 - Unlock Bootloader diperlukan ketika pengguna pengguna smartphone ingin melakukan modifikasi tertentu pada perangkatnya. Mungkin rooting, menginstal beberapa custom ROM, atau aplikasi lainnya. Seringkali orang antusias untuk melakukan penyesuaian pada perangkat mereka, tetapi tidak memiliki alat dan panduan yang tepat untuk melakukannya. Jadi, pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan tutorial tentang Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi K30.
Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan UBL Redmi K30. Kita hanya perlu menggunakan Mi Flash Unlock Tool untuk membuka kunci bootloader Redmi K30. Proses UBL Redmi pun cukup sederhana, bahkan jika anda masih cukup baru di dunia kustomisasi Android, anda akan merasa mudah untuk melakukan UBL Redmi K30.

Xiaomi Redmi K30 dilengkapi dengan layar LCD IPS 6,67 inci dengan resolusi 1080 × 2400 piksel. Layar memiliki dukungan kecepatan refresh HDR10 dan 120Hz bersama dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Redmi K30 didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 765G, ditambah dengan GPU Adreno 620. Redmi K30 mengemas 6GB / 8GB RAM dan 64GB / 128GB / 256GB pilihan penyimpanan internal (diperluas hingga 256GB melalui slot hybrid).

Pada awal peluncurannya Redmi K30 5G beroperasi pada MIUI 11 berbasis Android 10. Berbicara tentang kamera, perangkat ini menggunakan kamera dual selfie dengan pengaturan 20MP (wide, f / 2.2) + depth sensor 2MP (f / 2.4). Sedangkan bagian belakang memiliki kamera quad yang mencakup 64MP (wide, f / 1.9) + 8MP (ultrawide, f / 2.2) + 2MP (kamera makro khusus, f / 2.4) + depth sensor 2MP (f / 2.4). Ini memiliki PDAF, HDR, Panorama, flash dual-LED, dan banyak lagi.


Redmi K30 dibekali baterai dengan kapasitas 4.500 mAh dan mendukung fast charging 30W. Dalam hal opsi konektivitas, perangkat ini memiliki jack audio 3.5mm, Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac, Bluetooth 5.1, GPS, A-GPS dual-band, GLONASS, Port Inframerah, NFC, FM Radio, port Tipe-C, dll. Sementara ponsel memiliki sensor sidik jari yang dipasang di samping, accelerometer, gyro, cahaya sekitar, kedekatan, sensor kompas, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan Unlock Bootloader?

Bootloader adalah potongan sebuah kode yang memastikan perangkat Android memulai atau melakukan booting dengan benar. Kita dapat menganggap bootloader sebagai perantara yang memeriksa apakah perangkat keras dan perangkat lunak dalam sinkronisasi berfungsi sempurna bagi pengguna.

Bootloader pada smartphone secara default dikunci oleh OEM. Perangkat anda mungkin akan kehilangan garansi saat sudah dalam keadaan tidak terkunci Bootloader. Bootloader akan tetap terkunci sehingga mendorong orang untuk menggunakan perangkat dalam bentuk persediaan dan tidak melakukan penyesuaian. Namun, orang lebih menyukai rooting dan mencoba custom ROM pada perangkat mereka. Jadi, untuk mencapai itu mereka perlu membuka kunci bootloader perangkat.

Langkah-langkah untuk UBL Xiaomi Redmi K30

Sebelum Anda membuka kunci bootloader pada Xiaomi Redmi K30, pastikan anda telah memiliki alat yang tepat untuk proses UBL Redmi K30. Pada dasarnya, kita akan memerlukan Mi Flash Unlock Tool dan driver USB terbaru untuk perangkat tersebut.

Prasyarat :
  • Isi daya perangkat anda hingga 50% atau lebih sebelum membuka kunci bootloader
  • PC dan kabel USB untuk menghubungkan ponsel ke sistem
  • Selalu ingat untuk mengambil cadangan data perangkat anda.

Bahan yang Diperlukan :

Unlock Bootloader Redmi K30 :
  • Sebelum memulai melakukan proses Unlock Bootloader Redmi K30, anda wajib memiliki Akun MI terlebih dahulu. Untuk cara mendaftar Akun MI sendiri dapat menggunakan ponsel Xiaomi anda. Jika sebelumnya anda sudah memilikinya, maka silahkan anda login terlebih dahulu. 
Log in Akun Mi
  • Berikutnya silahkan aktifkan menu Buka Kunci OEM dan USB Debugging.
  • Buka menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang.
  • Lakukan Binding Akun. Caranya klik Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses, anda akan melihat gambar seperti di bawah ini. 
Binding Akun Mi
  • Extract file Mi Flash Unlock di PC/laptop Windows dengan menggunakan Winrar.
  • Buka file Mi Flash Unlock.exe. Lalu klik Agree dan konfirmasi disclaimer.
  • Masukan  Akun Mi yang sudah dibuat tadi. 
Login Akun Mi
  • Matikan Xiaomi Redmi K30 anda, dan masuk ke Fastboot Mode dengan cara tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah secara bersamaan (ponsel dalam keadaan mati) sampai masuk ke Fastboot Mode. 
Fastboot mode
  • Hubungkan ponsel ke PC/laptop dengan menggunakan Kabel USB. Apabila Redmi K30 sudah terhubung ke PC, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock
Mi Flash Unlock
  • Silahkan tunggu beberapa saat, kalau misal sukses maka akan ada tulisan "Unlocked Successfully". 
Sukses Unlock Bootloader

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Xiaomi Tanpa Root

Apabila proses diatas mengalami kegagalan seperti “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” maka anda harus menunggu selama 720 jam atau 30 hari untuk bisa melakukan UBL lagi.
Failed Unlock Bootloader
Apabila anda memilih untuk menunggu, selama menunggu tersebut jangan pernah mengganti Akun Mi yang sudah ter-binding. Apabila anda tidak merasa sabar dalam menunggu, anda bisa mencoba Cara UBL Tanpa Harus Menunggu

Kira-kira Seperti itulah Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi K30, kesabaran anda diuji dalam hal ini, jadi bersabarlah dan apabila anda mengalami kendala, ailahkan tulis pada kolom komentar dibawah. ahir kata SELAMAT MENCOBA!
Reaksi:

0 Response to "Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Redmi K30"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel