Nonton video dibayar ratusan ribu. Klik here

Cara Masuk EDL Mode Xiaomi

Cara Mudah Masuk Mode EDL Xiaomi Semua Tipe Emergency Download Mode atau yang lebih sering disingkatmenjadi EDL merupakan salah satu mode alternatif pada saat melakukan flashing ROM pada smartphone android selain mode fastboot
Cara Masuk EDL Mode Xiaomi
Apabila anda secara kebelutan mendapatkan ROM Distributor atau ROM abal-abal ketika membeli smartphone Xiaomi, maka mode EDL ini bisa menjadi  satu-satunya cara untuk pindah ke ROM stable, karena dalam ROM Distributor tidak bisa melakukan update melalui Updater, dan juga tidak bisa melalui mode fastboot karena harus melakukan UBL (Unlock Bootloader) terlebih dahulu.

Mode ini juga biasanya sering dilakukan apabila smartphone Xiaomi dalam keadaan Bootloop atau Softbrick akan tetapi smartphone belum dalam kondisi UBL.

Mode EDL ini biasanya hanya di temukan pada smartphone yang menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon saja, terkhusus untuk smartphone Xiaomi yang mempunyai Chipset Qualcomm Snapdragon, faktanya hampir semua perangkat tersebut juga mempunyai Mode Fastboot dan juga Mode EDL.

EDL merupakan mode dimana saat Qualcomm Snapdragon berada dalam mode download image yang mana mode ini merupakan mode terakhir yang bisa dideteksi oleh PC/Laptop untuk menolong sebuah perangkat yang menggunakan prosessor Qualcomm 
saat dalam keadaan Hardbrick.

Untuk bisa masuk ke mode EDL (Emergency Download), anda bisa menggunakan cara- cara berikut ini:

  • Menggunakan Kombinasi Tombol Smartphone
Anda  bisa masuk ke mode EDL dengan cara mematikan smartphone terlebih dahulu, kemudian menyalakannya kembali dengan menekan tombol Power + Vol Up sampai muncul menu yang berbahasa China seperti ini


Untuk masuk ke mode EDL, silahkan pilih Download. Maka smartphone akan mati dan berada dalam mode EDL.

  • Menggunakan Perintah ADB

Untuk bisa masuk ke mode EDL dengan menggunakan perintah ADB (ADB Command), terlebih dahulu siapkan bahan-bahan dan juga persyaratan berikut ini: 
  1. Install 15 Seconds ADB Installer. DISINI
  2. Install Pda net, DISINI
  3. Enable USB Debugging dan OEM Unlocking.
  4. Sambungkan smartphone ke PC/Laptop menggunakan kabel USB. Jika muncul notifikasi “Allow USB Debugging”, pilih OK

Jika sudah menyiapkan bahan di atas, silahkan buka folder c:\adb pada PC/Laptop kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada area kosong, lalu pilih "Open command window here
Open command window here
Untuk memastikan apakah smartphone Xiaomi sudah benar-benar tersambung (attached) ditandai dengan adanya kode 8 digit acak, silahkan masukkan command berikut:
adb devices
adb devices
Jika pada layar smartphone muncul notifikasi ijin seperti di bawah ini , klik OK
klik OK
Selanjutnya masukkan command:
adb reboot edl
Maka smartphone Xiaomi akan mati dan biasanya ditandai dengan notifikasi lampu berkedap-kedip. Saat ini smartphone Xiaomi sudah berhasil masuk ke mode EDL.

  • Menggunakan Perintah Fastboot

Untuk bisa masuk ke Mode EDL dengan menggunakan perintah fastboot, terlebih dahulu siapkan bahan dan persyaratan yang sama seperti masuk mode EDL dengan ADB diatas.

Pertama, matikan smartphone lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol Power dan Vol Down (-) secara bersamaan untuk masuk ke mode fastboot.

Selanjutnya pada PC/Laptop, buka folder c:\adb, kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada area kosong, lalu pilih "Open command window here" 
Open command window here
Untuk memastikan apakah smartphone Xiaomi berada pada mode fastboot, silahkan masukkan command:
fastboot devices
fastboot devices
Jika sudah terdeteksi, Selanjutnya masukkan command:
fastboot oem edl 
fastboot oem edl

Maka dalam sesaat, layar smartphone akan mati dan 
sudah berhasil masuk ke dalam mode EDL.

Langkah-langkah masuk EDL mode di atas sudah saya praktekkan di smartphone Xiaomi Redmi 2, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 4A, Redmi Note 5, Mi 4.

Demikian tentang cara-cara untuk masuk ke mode EDL 
(Emergency Download Mode) di semua smartphone Xiaomi. Untuk yang belum tau cara keluar dari mode EDL ini silahkan baca DISINI untuk cara keluar dari EDL mode.

Cukup sekian, apabila ada yg kurang jelas silahkan tanyakan pada kolom komentar.

SELAMAT MENCOBA!!

Know You Can

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
© AllAndro.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain