Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro

Cara Mudah Unlock Bootloader Realme 3 Pro - Nama Realme untuk sekarang ini sudah begitu akrab terdengar di masyarakat Indonesia, Realme sendiri merupakan sub brand dari merk yang sudah cukup besar pasarnya, yaitu Oppo. Pembagian merk seperti ini sebelumnya juga pernah dilakukan oleh Xiaomi dengan lini smartphone Mi dan Redmi.

Cara Unlock Bootloader Realme 3 / 3 Pro
Realme 3 Pro mengusung layar seluas 6,3 inci dengan resolusi Full HD+, Di bagian atasnya terdapat poni (notch) berbentuk waterdrop yang digunakan sebagai wadah kamera selfie beresolusi 25 megapiksel. Sedangkan untuk kamera belakangnya tersusun jajar ke bawah, masing-masing beresolusi 16 megapiksel (lensa f/1.7) dan 5 megapiksel (lensa f/2.4), disertai adanya modul LED flash dan  finger print berbentuk elips.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menulis tentang bagaimana cara untuk membuka bootloader di Realme 3 Pro. Sebenarnya prosedur untuk membuka bootloader di Realme 3 Pro bisa dibilang cukup sederhana, yaitu hanya memerlukan beberapa persyaratan yang harus anda penuhi agar proses UBL dapat berjalan dengan baik.

Sebelum memulai melakukan proses UBL, mungkin sebagian pengguna smartphone belum begitu mengerti apa itu UBL dan Bootloader itu sendiri, jadi terlebih dahulu saya akan menulis tentang apa itu Bootloader dan Kenapa Bootloader terkunci.

Apa itu Bootloader?

Pada dasarnya setiap smartphone Android itu memiliki Bootloader yang berfungsi untuk menginstruksikan kernel Sistem Operasi agar booting secara normal. Namun perlu dicatat, bahwa OS Android merupakan sebuah Sistem Operasi terbuka (Open Source) dan tersedia dalam berbagai jenis hardware yang berbeda, sehingga setiap pabrikan smartphone mempunyai versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang ada dalam lingkungannya. Sehingga, misalkan anda mencoba menginstal custom ROM yang keliru, maka bisa menyebabkan Soft brick atau Hard brick.

Mengapa bootloader terkunci?

Biasanya, secara default Bootloader dalam perangkat Android itu dikunci, karena meskipun Android merupakan sistem operasi terbuka, namun setiap pabrikan masih menginginkan penggunanya untuk tetap memakai versi OS Android yang memang mereka rancang untuk perangkat tersebut. Dan untuk menerapkan konsep ini, maka pabrikan memilih untuk mengunci Bootloader. Dengan dikuncinya bootloader pada perangkat Android, maka dapat dipastikan tidak mungkin untuk melakukan flash Custom ROM dan bisa menyebabkan hilangnya garansi serta kemungkinan mengalami Android brick. Maka dari itu, langkah pertama yang harus  dilakukan sebelum menginstall Custom ROM adalah membuka kunci Bootloader terlebih dulu.

Ketika perangkat android berasal dari OEM, maka perangkat android tersebut tidak memiliki kontrol konsol apa pun oleh pengguna. Dengan adanya hal ini berarti anda sebagai pengguna android tidak dapat mengoprek perangkat lunak dan juga hal-hal lain yang ada di dalam System UI. Akan tetapi, dengan melakukan Unlock bootloader, anda bisa mendapat akses ke bagian-bagian perangkat yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. 

Sesudah anda mengetahui apa itu Bootloader dan mengapa Bootloader dikunci, sekarang mari kita mulai proses untuk melakukan UBL. Proses Unlock Bootloader ini membutuhkan bantuan PC/Laptop, yaitu dengan ADB yang mampu menghubungkan perangkat dalam mode fastboot. Cara yang biasanya dilakukan untuk melakukan unlock bootloader adalah dengan menggunakan  perintah fastboot secara langsung untuk memasukkan kode ke dalam perangkat.

Sebenarnya untuk UBL (Unlock Bootloader) di Realme itu metodenya hampir sama dengan perangkat-perangkat yang lain, yang mana harus menyiapkan beberapa file yang di butuhkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk Unlock Bootloader Realme 3 Pro:
  • Realme 3 / 3 Pro dengan kapasitas baterai minimal 70%.
  • Kabel USB (usahakan menggunakan kabel data Asli)
  • Aktifkan USB Debugging
  • PC/Laptop.
  • Realme 3 Unlock Tool
  • Fastboot Tool
Info Penting! Semua data akan terhapus saat proses unlock bootloader. Jadi lakukan backup data terlebih dulu. Proses in-depth test kemungkinan memiliki dampak yang tidak terduga ke perangkat anda.
Langkah UBL Realme 3 Pro:
  • Pastikan versi OS yang anda gunakan saat ini merupakan versi official dan terupdate.
  • Buka aplikasi unlock tool, kemudian tap start apllying. 
start applying
  • Baca disclaimer lalu centang, selanjutnya tekan tombol Submit application. 
baca disclaimer dan centang, Submit
  • Tunggu hingga proses selesai, kira-kira butuh waktu 1 jam untuk review 
selesai direview
  • Terahir klik Start the in-depth test. maka Realme 3 Pro akan reboot otomatis dan menampilkan teks seperti ini
fastboot_unlock_verify ok
  • Sambungkan Realme 3 Pro ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB. 
  • Buka Fastboot tool yang sudah di download, selanjutnya masukkan perintah berikut ini
adb reboot bootloader
  • Untuk melakukan unlock bootloader realme 3 pro, masukkan perintah berikut 
fastboot flashing unlock
  • Tekan tombol Volume Up (+) untuk proses unlock, atau tekan tombol volume Down (-) untuk membatalkan proses unlock bootloader realme 3 pro. 
konfirmasi unlock bootloader
  • Saat dikonfirmasi untuk unlock bootloader dengan tombol volume up, maka realme 3 pro akan masuk ke mode fastboot. masukkan perintah berikut untuk restart. 
fastboot mode
fastboot reboot
  • Realme 3 Pro akan restart dan masuk ke dalam mode in-depth test. Pada proses ini semua data yang ada di perangkat akan dihapus. 
  • Tunggu sampai selesai.

Cukup sekian tentang tata Cara UBL Realme 3 pro. Jika ada yang kurang jelas atau mau menambahi, silahkan tulis di kolom komentar. SELAMAT MENCOBA!
Reaksi:

0 Response to "Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel