CARA INSTALL TWRP REDMI NOTE 8 (GINKGO)

Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 8 (GINKGO) Work 100% -  Seperti yang kita  ketahui bersama, seri terbaru dari variant Xiaomi Redmi Note sekarang ini sudah sampai pada generasi ke-8 dengan kata lain saat ini variant Xiaomi Redmi Note sudah resmi masuk kepasaran.
Cara Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 8 ( GINKGO )
Bukan lagi sebuah hal yang baru apabila produsen Smartphone Xiaomi membuat dan menjual sebuah Smartphone Android berkualitas, tetapi tetap mematok harga yang bisa dibilang sangat terjangkau dikelasnya, sehingga hampir semua variant Smartphone Android dari Xiaomi, baik itu untuk Brand utama pada seri Xiaomi Mi dan Sub-Brand nya Redmi Pasti selalu mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, karena spesifikasi yang diusung memanglah cukup mumpuni, apalagi seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu seri Redmi Note 8.

Cara Instal TWRP Redmi Note 8 ( GINKGO )

Sebelumnya perlu anda perhatikan, agar tidak salah nantinya, bahwa Tutorial Install TWRP ini hanya  dihususkan untuk seri Redmi Note 8 dengan Codename Ginkgo saja, karena File TWRP yang digunakan berbeda. Jadi jangan sampai File TWRP untuk Redmi Note 8 (Ginkgo) ini anda pasang di Redmi Note 8 Pro (Begonia) karena dapat berakibat Bootloop.

Baca Juga : Cara UBL Redmi Note 8

Mengingat Redmi Note 8 ini masih tergolong Smartphone baru, maka saat ini komunitas untuk variant Xiaomi Redmi Note 8 (GINKGO) masih kurang begitu banyak, sehingga beberapa tool wajib pun belum begitu banyak tersedia untuk device ini. Tapi kabar baiknya untuk TWRP sudah tersedia meskipun masih Unnoficial, meskipun masih berstatus Unoficial TWRP ini mempunyai fitur sebagaimana TWRP yang Official. Jadi jika anda berniat untuk memasang TWRP pada Xiaomi Redmi Note 8, anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Apa Itu TWRP?

TWRP atau singkatan dari "Team Win Recovery Project" merupakan custom recovery alternatif untuk para pengguna smartphone Android yang tersedia dalam lisensi terbuka.

Secara default, setiap smartphone Android dilengkapi dengan recovery bawaan atau yang sering disebut dengan stock recovery. Namun sayangnya recovery bawaan ini mempunyai fitur yang sangat terbatas, yaitu hanya untuk menghapus data dan menginstall update sistem secara manual dengan paket pembaruan yang terverifikasi.

Berbeda dengan stock recovery, Custom recovery yang dikembangkan oleh pihak ketiga menawarkan fitur yang lebih lengkap. Tidak hanya terbatas menghapus data dan menginstall update sistem, custom recovery biasanya diprogram agar memiliki fungsi backup dan restore sistem, pilihan dalam menghapus data supaya tidak menghapus seluruh data di memori Internal, dan juga menginstall paket pembaruan sistem yang berasal dari pihak ketiga.

Dan enaknya lagi, custom recovery (TWRP) menawarkan dukungan penggunaan layar sentuh dalam pengoprasiannya, yang mana hal tersebut tidak bisa dilakukan di stock recovery, dan sampai saat ini kebanyakan custom recovery lain masih menggunakan tombol fisik dalam pengoprasiannya.

Dan bagi anda yang berniat untuk menginstall TWRP pada smartphone Redmi Note 8, bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya sampaikan dibawah.


Namun, sebelum anda memasang TWRP pada Xiaomi Redmi Note 8 (GINKGO), ada beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu, dan anda harus melakukannya dengan hati-hati dan teliti, karena ada kemungkinan terjadi bootloop, tetapi jika anda melakuan seperti yang saya tuliskan, saya jamin TWRP akan 100% berhasil terpasang pada Xiaomi Redmi Note 8 anda.

Syarat utama sebelum memasang TWRP Redmi Note 8 :

1. Unlock Bootloader, tutorial DISINI
2. PC atau Laptop
3. USB Cable.
4. Driver ADB dan Fastboot, download DISINI
6. TWRP  Xiaomi Redmi Note 8 (GINKGO)
Download TWRP Redmi Note 8 (Khusus untuk ROM Global)


Langkah memasang TWRP Redmi Note 8 :
  • Rename file recovery yang sudah download tadi menjadi twrp.img 
  • Copy atau pindahkan file twrp.img yang sudah direname tadi, masukan kedalam folder direktori ADB dan Fastboot di PC anda. 
    Rename dan pindah ke folder ADB
  • Pindahkan file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0 ke Internal Memory Xiaomi Redmi Note 8 anda.
  • Masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol volume down (-) dan power bersamaan saat Xiaomi Redmi Note 8 anda dalam kondisi power off. 

fastboot mode
  • Sambungkan Xiaomi Redmi Note 8 ke PC dengan menggunakan  USB 
  • Buka aplikasi Command Promt ( CMD ) pada pada direktory driver ADB dan Fastboot dengan cara Tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, kemudian pilih "Open command window here"  

Open command window here
  • Masukan perintah dibawah ini : 

fastboot devices 
fastboot device

  • Jika sudah terkoneksi dengan baik silahkan masukan perintah berikut :

fastboot flash recovery twrp.img 
fastboot flash recovery twrp.img 
  • Tunggu hingga proses selesai yang ditandai dengan tulisan finished. Sampai disini TWRP sudah berhasil terpasang di Xiaomi Redmi Note 8 ( GINKGO ), masukan perintah dibawah ini untuk masuk ke TWRP

fastboot boot twrp.img
  • Tunggu sampai Xiaomi Redmi Note 8 reboot dan masuk ke mode TWRP secara otomatis, jika sudah, Flash file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0 untuk menghindari terjadinya bootloop setalah memasangkan TWRP tadi.
  • Selesai, anda sudah bisa melalukan reboot  dan TWRP sudah berhasil terpasang di Xiaomi Redmi Note 8 anda, untuk bisa masuk ke mode TWRP bisan dengan menekan tombol volume up (+) dan Power bersamaan saat Xiaomi Redmi Note 8 dalam keadaan Power Off.

Info Penting! lakukan Backup terlebih dahulu sebelum memasang TWRP tersebut, karena ada kemungkinan terjadinya BOOTLOOP.
Demikian tentang cara memasang TWRP Xiaomi Redmi Note 8 (GINKGO). Apabila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan dalam kolom komentar dibawah.

Cukup sekian dan Selamat Mencoba!!
Reaksi:

0 Response to "CARA INSTALL TWRP REDMI NOTE 8 (GINKGO)"

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel